Image of Analisis sentimen berbasis aspek pada aplikasi tokopedia menggunakan LDA dan naïve bayes

Text

Analisis sentimen berbasis aspek pada aplikasi tokopedia menggunakan LDA dan naïve bayes



Tokopedia menempati posisi pertama sebagai aplikasi dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di platform ponsel Android dan iPhone. Walaupun Tokopedia banyak diminati orang, kemungkinan ada hal yang tidak disukai oleh penggunanya. Karenanya peneliti mengusulkan penelitian Aspect-Based Sentiment Analysis, yaitu mengekstrak sentimen dan aspek dari aplikasi tersebut. Data yang digunakan adalah ulasan pengguna Tokopedia di Play Store dengan cara scraping. Pada penelitian ini, dilakukan klasifikasi sentimen menggunakan Naïve Bayes. Penentuan jumlah aspek dilakukan dengan clustering topik menggunakan LDA, dan menghasilkan 4 topik, yaitu kebermanfaatan, pelayanan, pengalaman belanja, dan tampilan. Hasil clustering menjadi acuan untuk proses anotasi aspek secara manual. Karena data sentimen negatif dan positif tidak seimbang, dilakukan resampling data menggunakan teknik RandomUnderSampler, RandomOverSampler, dan SMOTEENN. Evaluasi yang digunakan untuk klasifikasi sentimen adalah kurva ROC dan AUC. Akurasi tertinggi didapat setelah dilakukan oversampling yaitu sebesar 92,5%. Nilai AUC untuk oversampling sudah cukup baik, yaitu sebesar 0,95.
Kata Kunci: Oversampling, ROC, AUC, Aspect-Based Sentiment Analysis, Data Tidak Seimbang.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 021 MTK 2020
MTK021
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
021 MTK 2020
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 41 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog