Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Rancang bangun game edukasi quiz interaktif bahasa Inggris dengan menerapkan gamifikasi berbasis android (studi kasus : Prime Education Center)
Teknologi gadget saat ini sudah banyak berkembang pesat dan banyak fiturnya bersamaan dengan berkembang luasnya jaringan internet. Di Indonesia sendiri, menurut survey dari APJII, sebanyak 50.08 % populasi memiliki gadget smartphone untuk keperluan sehari-hari dan sebanyak 75.50 % didominasi oleh anak-anak berusia 12 tahun keatas. Namun, hanya sedikit yang menggunakan smartphone untuk belajar yang mana akan mempegaruhi pengguna smartphone dalam hal berubahnya sikap perilaku dan motivasi dalam belajar. Untuk itu penulis merancang aplikasi game edukasi quiz untuk belajar khususnya belajar bahasa Inggris yang memanfaatkan Gamifikasi untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar sambil bermain agar tidak merasa bosan. Sistem dibuat dengan metode pengembangan GDLC dengan software Unity 3D Engine, dan untuk sistem Gamifikasi menggunakan Shephertz App42 API. Pengujian Alpha menunjukkan bahwa fungsi dalam game berjalan dengan baik dan fungsi gamifikasi berjalan dengan baik dan sesuai fungsinya. Pengujian BETA menunjukkan bahwa anak murid yang diajar oleh penulis dapat meningkatkan pemahamannya terhadap materi pelajaran bahasa inggris dari game edukasi yang dibuat.
Kata Kunci : Game Edukasi, Gamifikasi, Unity 3D Engine, Quiz
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
067 TI 2020
|
Penerbit | Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat., 2020 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 110 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
067
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Imam Marzuki Shofi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog