Image of Evaluasi kepuasan pengguna jasacendekia elektronik dokumen sistem (jeds) menggunakan metode end user computing satisfaction (eucs

Text

Evaluasi kepuasan pengguna jasacendekia elektronik dokumen sistem (jeds) menggunakan metode end user computing satisfaction (eucs



ABSTRAK
Arga Pratama Putra – 11150930000006, Evaluasi Kepuasan Pengguna Jasacendekia Elektronik Dokumen Sistem (JEDS) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di bawah bimbingan Syopiansyah Jaya Putra dan Suci Ratnawati.


Tingkat keberhasilan teknologi Informasi yang diterapkan pada suatu institusi atau organisasi dapat diukur dengan pengujian kepuasan pengguna. Salah satu model yang telah banyak digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna adalah model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang mengukur tingkat kepuasan dengan menggunakan variabel-variabel tertentu yang telah terbukti mempengaruhi kepuasan pengguna akhir sistem. Penelitian ini menilai kepuasan pengguna sistem informasi manajemen pada salah satu perusahaan outsourcing yaitu PT. Jasa Cendekia Indonesia dengan sistem internal yang mereka namakan Jasacendekia Elektronik Dokumen Sistem (JEDS). Dalam implementasi JEDS ditemukan permasalahan pada sistem yang di keluhkan oleh pengguna yaitu kesulitan pada saat awal penggunaannya, tingkat keamanan yang masih diragukan, kinerja terkait dengan kecepatan sistem, dan proses penambahan fitur kurang fleksibel serta memerlukan waktu relatif lama, sehingga penggunaan JEDS belum maksimal yang selanjutnya mempengaruhi tingkat kepuasan penggunanya. Model EUCS yang digunakan merupakan pengembangan dari model EUCS yang pada awalnya dikembangkan oleh Doll & Torkzadeh pada tahun 1988 yang pada penelitian ini hanya digunakan variabel ease of use dengan penambahan variabel menjadi security system speed, dan flexibility. Penelitian ini mengacu pada pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 45 responden. Pendekatan PLS-SEM dengan SmartPLS versi 3.2.8 digunakan untuk menganalisa data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan pengguna sistem JEDS puas dan 3 dari 4 hipotesis yang diajukan diterima. Sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna JEDS adalah ease of use, security, dan system speed. Hasil penelitian ini, merekomendasikan kepada pihak institusi terkait untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna dalam pengembangan sistem JEDS terutama variabel yang ditolak dalam penelitian ini yaitu flexibility.

Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Sistem Informasi Manajemen, End User Computing Satisfaction (EUCS), PLS-SEM, SmartPLS 3.2.8


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 097 SI 2020
SI097
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
097 SI 2020
Penerbit Fak.sain dan Tenolog Jurusan Teknik InfomatkaI : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
102 hlm, 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
097 SI 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog