Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis Topik Komentar Video Beberapa Akun Youtube E-Commerce Indonesia Menggunakan Metode Latent Dirichlet Allocation
Muhammad Diaz Elprana Rangkuti, Analisis Topik Komentar Video Beberapa Akun Youtube E-Commerce Indonesia Menggunakan Metode Latent Dirichlet Allocation. Di bawah bimbingan Dr. Taufik Edy Sutanto M.ScTech dan Yanne Irene, M.Si.Beberapa perusahaan e-commercedi Indonesiasaat inimulai melakukan pemasaranproduk atau aplikasi melalui Youtube. Salah satu sektor e-commerce yang melakukan pemasaran di Youtube adalah sektor ritel. Tidak seperti sektor edukasi maupun transportasi yang hanya memiliki 2-3 kompetitor, pada sektor ini ada banyak nama perusahaan yang sudah tidakasing untuk masyarakat. TKPD, LZDIndonesia, BKLPK, dan SHPmerupakan sekian dari banyaknya perusahaan yang bergerak pada sektor ini. Penelitian ini ingin melihat topik apa saja yang dibahas masyarakat ketika membuka setiap akun e-commerce di Indonesia melalui komentar padaYoutubeantara tanggal 4-26 Oktober 2019. Penelitian ini juga menggunakan metode Latent Dirichlet Allocationuntuk menentukan topik yang sering dibahas melalui representasi kata-katadan metric evaluationuntuk menentukan nilai koheren pada setiap topik. Metode metric evaluation yang digunakan pada penelitian ini adalah validasi silang. Setiap topik akan dihitung rata-rata probabiltas beberapa kata didalamnya. Topik dengan nilai koheren yang tertinggi akan dianggap sebagaijumlahtopik yang paling optimal. Hasilnya didapatkan bahwaBKLPK memiliki nilai koheren tertinggi sebesar 0.42, LZD memiliki nilai koheren tertinggi 0.533, SHP memiliki nilai koheren tertinggi sebesar 0.46, dan TKPD memiliki nilai koheren tertinggi sebesar 0.464. Dengan kata lain, kehadiran personil BTSdi akun TKPD, kuis suatu produk di akun BKLPK, dan kehadiran selebritis tanah airdi akun SHPmerupakan beberapa pembahasanyang paling sering dibahas masyarakat tanggal 4-26 Oktober 2019.Hal ini juga memperlihatkan bahwatopik selebritis merupakan topik yang paling sering di bahas masyarakat ketika membahas keempat perusahaan tersebut. Kata kunci: e-commerce, latent dirichlet allocation, metric evaluation, nilai koheren, validasi silang
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
030 MTK 2020
|
Penerbit | Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta, Ciputat., 2020 M/1441 H |
Deskripsi Fisik |
Xiii, 30 hlm,; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
030
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
CD aja
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Suma'inna
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog