No image available for this title

Text

Analisis tingkat kepuasan konsumen madu (studi kasus UMK Bina Apiari Indonesia, Jakarta)



Madu adalah salah satu produk hasil hutan bukan kayu yang memiliki potensi besar untuk dibudidayakan di Indonesia. Lahan seluas 195 juta hektar berpotensi menjadi pakan lebah madu. Pangsa pasar madu di Indonesia sendiri cukup menjanjikan. Selain dikonsumsi sebagai madu murni, juga dimanfaatkan sebagai pencampur bahan makanan, kecantikan dan obat tradisional. Di sisi lain kebutuhan madu Indonesia 70% masih impor dari negara lain. Hal ini membuat peluang bisnis madu di Indonesia menjadi tinggi. Peluang ini banyak dimanfaatkan oleh beberapa orang sehingga banyak produsen madu baru yang bermunculan. UMK Bina Apiari Indonesia adalah salah satu produsen madu di Indonesia yang menjual produknya dengan merek Madu Bina Apiari.
Penurunan penjualan dan tidak tercapainya target penjualan dalam 3 tahun terakhir dikarenakan persaingan yang ketat dan adanya ketidaksesuaian antara nilai kepentingan konsumen dengan nilai kinerja dari beberapa atribut Madu Bina Apiari sehingga memunculkan keluhan dan menurunkan tingkat kepuasan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga perusahaan memiliki loyalitas merek (brand
loyality) dari konsumen. Salah satu caranya yaitu melakukan penelitian terkait perilaku konsumen yang meliputi karakteristik, proses pengambilan keputusan pembelian dan tingkat kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini antara lain (1) Menganalisis karakteristik konsumen UMK Bina Apiari Indonesia secara umum, (2) Menganalisis proses keputusan pembelian konsumen pada produk madu UMK Bina Apiari Indonesia, (3) Menganalisis kepuasan konsumen terhadap atribut
produk madu UMK Bina Apiari Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk menganalisis karakteristik umum konsumen serta proses keputusan
pembelian konsumen. Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepentingan konsumen dan kinerja atribut Madu Bina Apiari. Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap Madu Bina Apiari. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa konsumen Madu Bina Apiari sebagian besar berjenis kelamin perempuan, berada pada usia 35-44 tahun yang tergolong dalam jenis orang dewasa, berstatus menikah, beragama islam, yang berdomisili di Jakarta, berpendidikan terakhir S1, bekerja sebagai pegawai swasta, dan memiliki pendapatan rata-rata lebih dari atau sama dengan Rp. 5000.000,00. Berdasarkan hasil analisis terkait proses keputusan pembelian, pada tahap pengenalan kebutuhan, konsumen menyatakan butuh terhadap madu dan
motivasinya mengkonsumsi madu adalah mendapat manfaat kesehatan. Konsumen mencari informasi secara khusus terkait madu melalui internet. Pada tahap evaluasi alternatif Informasi yang paling diperhatikan konsumen adalah manfaat. Pada tahap keputusan pembelian konsumen terencana dalam pembelian dan membeli madu di gerai Madu Bina Apiari dengan intensitas waktu 1 bulan sekali yang dibeli pada hari kerja. Pada tahap evaluasi hasil pembelian, konsumen merasa puas terhadap kualitas Madu Bina Apiari dan juga bersedia untuk membeli ulang serta merekomendsikan produk Madu Bina Apiari kepada orang lain. Berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA) atribut unggulan perusahaan yaitu rasa, volume, kemudahan memperoleh produk, manfaat dan keaslian madu. Atribut yang berada di kuadran 1 antara lain harga dan potongan harga, atribut ini merupakan salah satu faktor penyebab turunnya total nilai kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI), kepuasan Madu Bina Apiari sebesar 84,78% yang berarti bahwa secara umum konsumen Madu Bina Apiari merasa sangat puas terhadap produk.
Kata Kunci: Madu, Kepuasan Konsumen, Analisis Deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI).


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) AGR 046 2020
AGR 046 2020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR 046 2020
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xviii, 143 hlm; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
AGR 046 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog