Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Efektivitas promosi menggunakan media sosial instagram terhadap keputusan pembelian di layanan belanja online happyfresh
Penelitian ini berjudul Efektivitas Promosi Menggunakan Media Sosial Instagram terhadap keputusan pembelian di Layanan Belanja Online HappyFresh bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) di kalangan konsumen; (2) menganalisis efektivitas AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) terhadap keputusan pembelian; dan (3) mengetahui unsur-unsur dari model AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di layanan belanja online HappyFresh. Penelitian tersebut dilakukan pada bulan Maret sampai April 2021. Tujuannya adalah untuk menjelaskan efektivitas promosi dengan model AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) yang merupakan tahapan dari keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah followers atau orang-orang yang mengikuti akun instagram @happyfresh_id. Sampel berjumlah 100 responden yang didaptkan dari rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif fan kualitatif yang dianbil dari sumber primer dan sekunder. Metode pengumpulan data meliputi kuesioner dan studi pustaka. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa faktor attention, interest, desire dan action secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Tetapi, bila dilihat secara parsial, faktor interest, desire dan action yang berpengaruh sedangkan faktor action tidak. Faktor action tidak berpengaruh karena promosi melalui media sosial yang dilakukan @happyfresh_id kurang efektif untuk dapat menarik perhatian pengguna media sosial. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 67%.
Kata kunci: Instagram, Promosi, AIDA, keputusan pembelian, HappyFresh.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
102 AGR 2021
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2021 |
Deskripsi Fisik |
x, 120 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
102
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Ahmad Mahbubi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog