No image available for this title

Text

Analisis daya saing dan faktor-faktor yang memengaruhi nilai ekspor pisang Indonesia di negara tujuan utama



Pisang adalah salah satu buah unggulan nasional dengan jumlah produksi tertinggi dalam kategori buah-buahan Indonesia sepanjang tahun 2015-2019. Jumlah produksi yang besar juga membuat pisang Indonesia berpeluang untuk diekspor. Data ekspor pisang Indonesia dalam kurun waktu 2015-2019 menunjukkan data yang fluktuatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis daya saing komoditi pisang Indonesia di negara tujuan utama dilihat dari keunggulan komparatif, 2) menganalisis daya saing komoditi pisang Indonesia di negara tujuan utama dilihat dari keunggulan kompetitif, dan 3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor pisang Indonesia di negara tujuan utama.
Analisis pada penelitian ini difokuskan pada produk pisang dengan kode HS 0803 (Bananas, including plantains, fresh or dried). Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data panel yakni gabungan data time series dan cross section dengan masing-masing adalah data tahun 2011-2019 dan data negara tujuan utama ekspor yaitu China, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Uni Emirat Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RCA, EPD, dan regresi data panel faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor pisang Indonesia.
Hasil perhitungan RCA menunjukkan bahwa pisang Indonesia hanya memiliki keunggulan komparatif di Malaysia dan Uni Emirat Arab. Sementara hasil perhitungan EPD menunjukkan bahwa pisang Indonesia memiliki posisi rising star di China dan posisi falling star di Jepang, Malaysia, Singapura, dan Uni Emirat Arab. Hasil regresi data panel faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor pisang Indonesia secara signifikan adalah PDB per kapita negara tujuan, harga ekspor, jarak ekonomi dan nilai tukar riil. PDB per kapita negara tujuan dan harga ekspor berpengaruh negatif, sementara jarak ekonomi dan nilai tukar riil berpengaruh positif terhadap nilai ekspor pisang Indonesia.
Kata Kunci : Nilai ekspor pisang Indonesia, data yang fluktuatif, kode HS 0803 (Bananas, including plantains, fresh or dried), RCA, EPD, PDB per kapita


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 134 AGR 2021
134 AGR 2021
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
134 AGR 2021
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 119 hlm: 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
134
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog