Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Strategi Pemasaran Kedai Kopi Raga, Kota Bekasi, Jawa Barat
Kedai Kopi Raga dalam menjalankan bisnisnya mengalami permasalahan pada penurunan pendapatan yang cukup tinggi, persaingan 21 kedai kopi dalam radius 1 km, persaingan dalam hal tambahan (topping) yang bervariatif, fasilitas, dan harga yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pada pemasaran di Kedai Kopi Raga, merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan di Kedai Kopi Raga, dan menetapkan prioritas strategi pemasaran yang dapat diterapkan di Kedai Kopi Raga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT dan metode AHP.
Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pada pemasaran di Kedai Kopi Raga, Kota Bekasi, Jawa Barat terdiri kekuatan utama yaitu menjaga kualitas produk secara quality control (0,220), kelemahan utama yaitu kurangnya sumber tenaga kerja dalam penggunaan teknologi IT (0,137), peluang utama yaitu dukungan kebijakan pemerintah dalam pengembangan usaha (0,304), dan ancaman utama yaitu persaingan jenis varian tambahan kopi yang lebih inovatif, fasilitas yang memadai dan harga yang kompetitif (0,268). Alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu (1) memperluas jangkauan pasar dengan membuka cabang baru, bermitra untuk buka booth, jual waralaba dan pemasaran lewat digital, (2) mempertahankan kualitas dan pelayanan produk yang ditawarkan, (3) meningkatkan profesionalitas atau kompetensi SDM dengan rekrut tenaga profesional, pelatihan/training skill barista, (4) memanfaatkan kebijakan fasilitasi pemerintah untuk perbaikan manajemen, (5) mengembangkan inovasi varian tambahan produk dengan merubah penampilan atau campuran kopi, (6) memperbanyak sistem pemasaran dengan memaksimalkan kegiatan promosi penjualan melalui sosial media dan e-commerce, (7) memperbaiki manajemen harga, sertifikasi, serta informatif pada produk. Prioritas strategi yang dapat diterapkan yaitu memperbanyak sistem pemasaran dengan memaksimalkan kegiatan promosi penjualan melalui sosial media dan e-commerce dengan bobot sebesar 0,179.
Kata kunci: Kedai Kopi Raga, Alternatif Strategi, Prioritas Strategi.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
202 AGR 2022
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2022 M / 1443 H |
Deskripsi Fisik |
xiv, 217 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
202
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Akhmad Mahbubi Mufti
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog