Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Perbandingan metode klasifikasi naïve bayes dan support vector machine pada analisis sentimen review gojek
Layanan PT. Gojek Indonesia sangat bermanfaat bagi masyarakat salah satunya mendapatkan solusi terkait masalah transportasi yang terjadi, terutama pada kota – kota besar. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas perusahaan adalah pandangan masyarakat atau umpan balik (review). Namun pemantauan review para pengguna tidak mudah, dikarenakan jumlahnya yang sangat banyak untuk diolah. Analisis sentimen adalah salah satu cara untuk memahami apakah termasuk opini positif atau negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kedua algoritma klasifikasi yang digunakan yaitu naive bayes dan support vector machine, kemudian menganalisa perbandingan kinerja kedua algoritma tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Support Vector Machine memiliki kinerja paling baik dengan nilai accuracy 99.43% sementara Naïve Bayes sebesar 98,57%. Dengan akurasi tersebut, model yang dibuat mampu mengklasifikasi kategori positif dan negatif pada suatu dokumen dengan baik.Kata Kunci : Analisis Sentimen, Gojek, Naïve Bayes, Support Vector Machine
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
200 TI 2021
|
Penerbit | Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta., 2021 M / 1443 H |
Deskripsi Fisik |
xiii, 59 hlm,; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Imam Marzuki Shofi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog