Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis model bisnis dimsum frozen CV. Indomitra Cipta Pangan Kota Tangerang
CV Indomitra Cipta Pangan. CV Indomitra Cipta Pangan merupakan perusahaan pengolah produk frozen food. Model bisnis diperlukan bagi perusahaan untuk tetap bertahan dan mampu bersaing dengan para pesaingnya serta memberikan nilai maksimal kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan 1) Menganalisis kondisi model bisnis yang sudah dijalankan oleh CV Indomitra Cipta Pangan, 2) Mengevaluasi model bisnis dalam pengembangan model bisnis dimsum di CV Indomitra Cipta Pangan, dan 3) Mengetahui Business Model Canvas (BMC) baru pada CV Indomitra Cipta Pangan. Ruang lingkup penelitian ini mencakup 9 komponen model bisnis CV Indomitra Cipta Pangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data bersumber dari data internal perusahaan, Badan Pusat Statistik (BPS), dan beberapa sumber literatur lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) untuk menggambarkan model bisnis yang ada saat ini, analisis kesenjangan, dan analisis tingkat kinerja dan kepentingan atau analisis IPA.
Hasil identifikasi elemen Business Model Canvas, CV Indomitra Cipta Pangan sudah menjalankan suatu model bisnis yang menawarkan produk dimsum frozen dalam kemasan kepada para konsumennya. Bisnis yang dijalankan oleh CV Indomitra Cipta Pangan telah memenuhi kesembilan blok elemen dalam Business Model Canvas. Namun, diperlukan beberapa pengembangan baru pada model bisnisnya untuk mengatasi permasalahan perusahaan. Secara keseluruhan model bisnis kanvas yang sudah dijalankan oleh CV Indomitra Cipta Pangan sebelumnya mendapat penambahan dari hasil pengembangan model bisnis. Analisis kesenjangan (gap) berfokus pada elemen Customer Segments, Customer Relationships, Key Activities, Key Partnerships, Value Propositions, dan Cost Structure. Berdasarkan hasil analisis IPA, elemen tersebut berada pada kuadran I yang artinya harus diprioritaskan untuk dikembangkan oleh perusahaan karena elemen pada kuadran ini ini dianggap belum sesuai dengan harapan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Gap atau kesenjangan yang muncul dari setiap blok elemen dicarikan solusinya agar CV Indomitra Cipta Pangan dapat melakukan pengembangan bisnisnya dengan baik.
Kata Kunci: Business Model Canvas, analisis gap, IPA, dimsum, frozen food.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
152 AGR 2021
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2021 M / 1443 H |
Deskripsi Fisik |
ix, 136 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
152
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Akhmad Mahbubi Mufti
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog