No image available for this title

Text

Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Halodoc di Masa Pandemi dengan Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (Eucs)



Halodoc merupakan aplikasi yang memberikan fasilitas praktisi kesehatan. Dalam
aplikasi Halodoc praktisi kesehatan dilakukan oleh dokter, apotek, dan laboratorium kemudian
langsung dihubungkan melalui pasien dengan menggunakan alat komunikasi. Halodoc
memberikan fitur konsultasi medis yang dilakukan dengan menggunakan video call, telepon, chat,
pembelian obat berbasis online, dan pemeriksaan lab yang dilakukan secara on demand. Aplikasi
Halodoc merupakan layanan telemedicine yang paling banyak digunakan oleh masyarakat
Indonesia sebanyak 46,5%. Saat ini Halodoc telah tumbuh menjadi platform layanan kesehatan
terintegrasi yang menghubungkan jutaan masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan
kesehatan yang aman dan berkualitas tercatat dengan total pengguna aktif bulanan mencapai
20.000.000 pengguna. Halodoc mampu menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia,
termasuk daerah terluar seperti Aceh, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Hal ini membuktikan
bahwa Aplikasi Halodoc berperan penting dalam dunia kesehatan di masa pandemi.Dalam
penerapannya, masih terdapat beberapa kendala yang dialami penggunanya seperti, chat dengan
dokter auto typing, kesalahan penginputan resep obat, suara dokter pada saat konsultasi tidak
terdengar, tampilan aplikasi membingungkan, waktu konsultasi tidak sesuai dengan yang tertera,
pengguna masih belum memiliki informasi yang cukup tentang bagaimana sistem layanan
aplikasi Halodoc. Maka dari itu perlu adanya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor
apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi Halodoc di
masa pandemi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalam model End User Computing
Satisfaction (EUCS) dengan menambahkan variabel Computer Self Efficacy (CSE). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, penyebaran kuisioner dilakukan secara online dengan 38
pertanyaan dan analisis data menggunakan tools SmartPLS versi 3.3.9. Berdasarkan hipotesis
yang telah diusulkan. Hasilnya dari 6 hipotesis yang diusulkan, 1 hipotesis dinyatakan tidak
signifikan dan ditolak karena nilai path coefficient dan T-test dari hipotesis tersebut kurang dari
0.1 dan 1.96, sedangkan 5 hipotesis lainnya dinyatakan signifikan dan diterima. Maka dapat
disimpulkan bahwa pengguna aplikasi Halodoc memiliki pengaruh dalam kepuasan pengguna.
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Aplikasi Halodoc, EUCS.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 314 SI 2022
SI314
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
314 SI 2022
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
xiii, 118 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
314
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog