Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Evaluasi Kepuasan Pelanggan Aplikasi Mobile My Firstmedia Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (Eucs)
Kepuasan pelanggan dapat meningkatkan kinerja serta keberhasilan dari sebuah perusahaan. Misi First Media untuk fokus kepada pelanggan dibuktikan dengan dibuatnya aplikasi mobile My FirstMedia. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi CRM yang berguna untuk membantu pelanggan dalam melakukan self-service, seperti pengaturan akun, check billing, online payment, dll. Aplikasi mobile My FirstMedia masih memiliki beberapa kekurangan merujuk kepada rating di Google Play Store dan App Store yang rendah serta banyaknya keluhan terkait aplikasi. Keluhan tersebut berkaitan dengan status pembayaran yang tidak up to date, kendala pada login, hingga beberapa fitur yang terkadang belum bekerja secara sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan yang menggunakan aplikasi dan mengetahui faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan sebagai pengguna aplikasi guna diperolehnya sejumlah rekomendasi. Model pengukuran yang digunakan ialah End User Computing Satisfaction (EUCS) berdasarkan variabel content, accuracy, format, ease of use, timeliness serta dengan menambahkan variabel security dan flexibility. Pendekatan kuantitatif diterapkan peneliti dengan cara mendistribusikan kuesioner secara online kepada 250 responden dan data yang diperoleh diolah dengan SmartPLS 3.3.3. Analisa data dengan PLS-SEM menghasilkan bahwa pelanggan puas dengan adanya aplikasi mobile My FirstMedia serta 10 dari 13 hipotesis diterima yang berarti bahwa content melalui accuracy, content melalui format, format, content melalui ease of use, content melalui timeliness, timeliness, content melalui security, security, content melalui flexibility, dan flexibility bersama-sama memengaruhi kepuasan pelanggan. Peneliti merekomendasikan untuk mengembangkan sejumlah informasi layanan dan juga fitur dalam aplikasi mobile My FirstMedia. Temuan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan First Media dalam memutuskan pengembangan aplikasi mobile My FirstMedia untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Aplikasi Mobile My FirstMedia, Kepuasan Pelanggan, EUCS, PLS-SEM
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
247 SI 2021
|
Penerbit | Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta., 2021 M / 1443 H |
Deskripsi Fisik |
xv, 185 hlm,; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
247
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
A'ang Subiyanto
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog