No image available for this title

Text

Evaluasi user experience pada aplikasi pemesanan tiket pesawat traveloka dan tiket.com menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)



Online Travel Agent/OTA di Indonesia menawarkan berbagai opsi bagi konsumen, sebelum menentukan OTA yang akan digunakan, konsumen biasanya membandingkan terlebih dahulu tiap platform agar mendapatkan layanan yang terbaik, permasalahan yang sering muncul pada penelitian terdahulu kurangnya mempertimbangkan aplikasi lainnya yang mempunyai karakteristik serta proses bisnis yang juga sama dan profil yang kurang bervariasi dari responden sebagai kontributor faktor yang dapat memengaruhi pengalaman pengguna. OTA terpopuler tahun 2020 urutan pertama adalah Traveloka kemudian Tiket.com, tetapi ulasan di Google Play Store pada aplikasi pemesanan tiket pesawat online Traveloka maupun Tiket.com terdapat pengguna yang masih bingung terkait info yang diberikan, seperti info jadwal penerbangan yang diberikan, sehingga pengguna bingung dengan jadwal penerbangan yang valid, dan beberapa fitur yang tidak bekerja dengan semestinya saat ingin melakukan pemesanan tiket seperti halaman pembayaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi dan membandingkan User Experience (UX) dua aplikasi pemesanan tiket pesawat dengan metode UEQ. User Experience Questionnaire (UEQ) merupakan pengukuran yang memberikan keuntungan lebih karena bisa memberikan hasil pengukuran yang komprehensif terhadap UX dan sangat cepat. Metode yang digunakan UEQ dengan 6 skala yaitu: daya tarik, efesiensi, kejelasan, ketepatan, stimulasi dan kebaruan, menggunakan simple random sampling dengan sampel 100 responden dari masing-masing pengguna aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan skala yang memiliki perbedaan yang signifikan pada kedua aplikasi adalah skala daya tarik, kejelasan, dan kebaruan, untuk skala daya tarik pada Traveloka rata-rata 2,56 sedangkan Tiket.com rata-rata 2,40, skala kejelasan pada Traveloka rata-rata 2,34, sedangkan Tiket.com rata-rata 2,47 dan kebaruan Traveloka rata-rata 2,43 sedangkan Tiket.com rata-rata 2,13. Aplikasi Traveloka dapat lebih meningkatkan skala kejelasan atau aspek teknis, sedangkan aplikasi Tiket.com dapat lebih meningkatkan skala daya tarik secara keseluruhan, kualitas atau kebaruan.
Kata Kunci : User Experience, Traveloka, Tiket.com, User Experience Questionnaire.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 240 SI 2022
SI240
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
240 SI 2022
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 107 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
240
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog