Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Evaluasi tingkat kepuasaan pengguna sistem informasi manajemen persuratan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (SIMPERDAKOM) dengan pendekatan End-User Computing Satisfaction (EUCS) dan D&M IS Succes Model
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saat ini telah meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Persuratan (SIMPERDAKOM). SIMPERDAKOM bersifat mandatory yang digunakan untuk kegiatan akademik sistem informasi. Namun demikian terdapat kelemahan dan kekurangan yang dirasakan oleh pengguna seperti proses status yang tidak
terupdate, tampilan yang tidak userfriendly, dan tidak terdapat menu bantuan/kontak person jika ada kendala. Sementara rasio pertumbuhan pengguna selama 3 tahun rata-rata naik (berapa persen). Sehingga diperlukan penelitian mengenai kepuasan pengguna terhadap SIMPERDAKOM. Ini dilakukan karena kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi sistem tersebut sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan model End-User Computing Satisfaction (EUCS) yang digabungkan dengan model D&M IS Success Model. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menjadi pengguna SIMPERDAKOM. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 235 responden dari total populasi tersebut yang digunakan sebagai sampel untuk penelitian ini. Pengolahan data dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Content, System Quality, dan Service Quality berpengaruh terhadap User Satisfaction. Dari 7 hipotesis yang diajukan, terdapat empat hipotesis ditolak yaitu Accuracy, Format, Ease of Use, Timeliness terhadap User Satisfaction karena mendapat nilai t-test di bawah
ambang batas. Hasil penelitian faktor Content, Ssytem Quality, Service Quality ini mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna SIMPERDAKOM. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembang sistem untuk pertimbangan agar lebih baik lagi kedepannya.
Kata kunci : Kepuasan Pengguna, Sisten Informasi Manajemen Persuratan (SIMPERDAKOM), End-User Computing Satisfaction (EUCS), D&M IS Success Model, PLS-SEM, SmartPLS.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
335 SI 2022
|
Penerbit | Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2022 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 167 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
335
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
A’ang Subiyakto
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog