Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis penerimaan pengguna terhadap layanan shopeefood pada aplikasi shopee menggunakan model modifikasi utaut 2
ShopeeFood adalah sebuah layanan pesan – antar makanan secara online melalui fitur ShopeeFood yang ada pada aplikasi Shopee, pelanggan dapat melakukan pemesanan makanan yang kemudian pesanan tersebut akan diantar oleh mitra driver ShopeeFood hungga kedepan rumah pelanggan. Layanan ini merupakan layanan terbaru yang diluncurkan Shopee pada April 2021 lalu. Walaupun belum genap satu tahun sejak peluncurannya sebagai pendatang baru dalam bisnis ini, berdasarkan survey yang dilakukan oleh perusahaan venture building berbasis di Singapura, Momentum Works mencatat bahwa ShopeeFood mampu menduduki peringkat ke 5 perusahaan pesan – antar makanan yang memiliki nilai transaksi bruto tertinggi di Asia Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa ShopeeFood mampu bersaing dengan bisnis pesan – antar makanan terdahulunya. Dalam penerapannya, masih terdapat beberapa kendala yang dialami penggunanya seperti, fitur – fitur yang terbatas, aplikasi mengalami error atau loading yang lambat, dan pesanan yang sudah selesai tapi tidak diterima pelanggan, hal ini dapat berdampak langsung pada loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Maka dari itu perlu adanya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persepsi para pengguna terhadap layanan ShopeeFood dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi penerimaan pengguna layanan ShopeeFood. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Unified Theory of Acceptance and Use of Techonology 2 (UTAUT 2) dengan penambahan dua variabel yaitu Perceived Trust dan Perceived Value. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penyebaran kuesioner secara online dengan 33 pertanyaan dan analisis data menggunakan tools SmartPLS versi 3.2. Berdasarkan hipotesis yang telah diusulkan. Hasilnya dari 11 hipotesis yang diusulkan, 2 hipotesis dinyatakan tidak signifikan dan ditolak karena nilai path coefficient dan T-test dari hipotesis tersebut kurang dari 0.1 dan 1.96, sedangkan 9 hipotesis lainnya dinyatakan signifikan dan diterima. Artinya bahwa adanya ekspetasi usaha, sumber daya yang mendukung, rasa senang yang dirasakan terhadap penggunaan teknologi, kebiasaan, rasa percaya terhadap suatu teknologi dan manfaat yang dirasakan pengguna mempengaruhi niat penggunaan teknologi dan adanya sumber daya yang mendukung, kebiasaan dalam menggunakan teknologi dan niat untuk menggunakan suatu teknologi berpengaruh terhadap frekuensi pengguna dalam menggunakan suatu teknologi.
Kata Kunci: Penerimaan Pengguna, ShopeeFood, UTAUT 2.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
306 SI 2022
|
Penerbit | Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta., 2022 M/1443 H |
Deskripsi Fisik |
xviii, 116 hlm,; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
306
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog