Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi M.Tix Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (Eucs) Dan Delone And Mclean
Era digital membawa perubahan besar yang mempengaruhi trend masyarakat. Salah satu trend yang cepat berubah adalah bidang hiburan seperti menonton film di bioskop. Penonton bioskop pada tahun 2022 sudah mulai mengalami peningkatan seperti sebelum pandemi. m.tix merupakan aplikasi resmi dari Cinema XXI yang menyediakan pembelian tiket film di bioskop secara online. Namun, rating aplikasi m.tix pada tahun 2022 masih dibawah rating 3,5 berdasarkan data ulasan pada Google Play Store yang menunjukkan terdapat beberapa pengguna yang merasa tidak puas terhadap aplikasi m.tix. Diketahui masih terdapat beberapa permasalahan yang dirasakan oleh pengguna aplikasi m.tix, di antaranya yaitu tidak adanya fitur penarikan saldo, sulit saat melakukan registrasi dan transaksi, terdapat minimum jumlah top-up saldo m-tix serta biaya admin yang tinggi dan beberapa permasalahan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi m.tix serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penggunanya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari model End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan 5 variabel, yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness serta 3 variabel DeLone and McLean yaitu system quality, information quality, dan service quality. Populasi penelitian ini adalah pengguna aktif aplikasi m.tix yang menggunakan platform Android. Responden yang terpilih sebanyak 175 responden untuk menjadi sampel penelitian dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan tools SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna merasa puas menggunakan aplikasi m.tix dan dari 8 hipotesis, terdapat 2 hipotesis yang ditolak dan 6 hipotesis yang diterima. Sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi user satisfaction aplikasi m.tix adalah accuracy, ease of use, timeliness, system quality, information quality, dan service quality.
Kata Kunci: Kepuasan pengguna, online ticketing, m.tix, EUCS, DeLone and McLean
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
402 SI 2023
|
Penerbit | Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta., 2023 M / 1445 H |
Deskripsi Fisik |
xi, 150 hlm, ; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
402
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
A'ang Subiyanto
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog