No image available for this title

Text

Evaluasi performa arsitektur GraphQL dan ReST pada Gim pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Quality of Service



Perkembangan aplikasi pembelajaran bahasa arab mengalami kemajuan dalam hal metode pembelajarannya. Konsep gamifikasi yang sedang diimplementasikan saat ini adalah menggabungkan konsep permainan dengan pembelajaran keterampilan bahasa Arab seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Namun penerapan arsitektur ReST (Representational State Transfer) yang memiliki beberapa kelemahan menyebabkan waktu respon data yang lambat sehingga mengakibatkan kesulitan bagi pengguna untuk mengakses setiap fitur pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, implementasi arsitektur GraphQL (Graph Query Language) diusulkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah arsitektur ReST. Kepopuleran GraphQL di komunitas developer menjadikannya solusi yang cocok untuk menangani masalah distribusi data dari server ke database. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan arsitektur GraphQL pada aplikasi game pembelajaran bahasa Arab yang telah berhasil dan layak untuk diimplementasikan. Berdasarkan pengujian quality of service, penerapan arsitektur GraphQL menunjukkan waktu respons yang lebih cepat, penggunaan sumber daya pemrosesan yang lebih efisien, dan penggunaan memori yang lebih rendah daripada arsitektur ReST.
Kata kunci : GraphQL, ReST, dan Quality of Service


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 344 TI 2023
344 TI 2023
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
344 TI 2023
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 88 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
344
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog