No image available for this title

Text

Analisis Kepuasan Pengguna Mobile Ais Uin Jakarta For Student Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Yang Diperluas



Mobile AIS UIN Jakarta for Student merupakan sistem berbasis mobile yang dibuat untuk menunjang aktifitas administrasi perkuliahan seperti mengisi KRS, melihat jadwal perkuliahan, melihat daftar beasiswa, dan sebagainya. Sesuai dengan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, masih terdapat beberapa keluhan pada sistem yang berjalan, seperti adanya kesalahan input nilai serta informasi beasiswa yang tidak diperbaharui sejak 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna Mobile AIS UIN Jakrta serta menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya. End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan salah satu model yang telah banyak digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna akhir sistem informasi. Model EUCS yang digunakan merupakan model yang dikembangkan oleh Chin & Lee pada tahun 2000 dengan variabel accuracy, content, ease of use, format, dan timeliness serta system speed. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Jakarta yang telah menggunakan Mobile AIS. 117 responden terpilih untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan incidental sampling. Proses analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan SmartPLS versi 3.2.9. Hasil yang diperoleh, yaitu variabel EUCS secara bersama-sama mempengarhui kepuasan pengguna sebesar 71%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna adalah ease of use, timeliness, dan system speed, artinya Mobile AIS telah memenuhi kepuasan pengguna dari sisi kemudahan penggunaan, ketepatan waktu sistem dalam menyampaikan informasi, dan kecepatan sistem dalam mengolah informasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan kepada pihak pengembang Mobile AIS untuk memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna, terutama variabel yang ditolak dalam penelitian ini, yaitu content, accuracy, dan format.
Kata kunci: Kepuasan pengguna, User Satisfaction, Mobile AIS, End User Computing Satisfaction, PLS-SEM, SmartPLS 3.2.9


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 485 SI 2023
SI4852023
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
485 SI 2023
Penerbit Fak.Sains Teknologi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 95 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
485
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog