Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis continuance use intention pada BNI mobile banking menggunakan Expectation-Confirmation Model (ECM)
Perusahaan perbankan mengikuti perkembangan teknologi informasi yaitu dengan mengembangkan aplikasi mobile banking. Bank Negara Indonesia (BNI) menjadi bank BUMN pertama yang menerapkan aplikasi mobile banking. Survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) tahun 2021 menyatakan BNI Mobile Banking menjadi aplikasi yang memiliki performa terbaik menempati posisi pertama, namun hasil survei Populix 2022 menempatkan BNI Mobile Banking pada peringkat ke-4 mobile banking yang banyak digunakan di Indonesia, dan hasil survei oleh Top Brand Award menunjukkan bahwa terjadi penurunan peringkat dan presentase BNI Mobile Banking sejak tahun 2020-2022 yang mengindikasikan bahwa niat keberlanjutan penggunaan mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat Continuance Use Intention (CUI) pada BNI Mobile Banking dan mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengolahan data menggunakan metode PLS-SEM dengan jumlah sampel 220 responden, menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS. Penelitian ini menggunakan Expectation Confirmation Model (ECM) yang memiliki 4 variabel, yaitu perceived usefulness, confirmation, satisfaction, dan continuance use intention, serta penambahan dua variabel yaitu perceived security dan self-efficacy untuk mengetahui niat keberlanjutan penggunaan dari sisi keamanan dan kepercayaan diri pengguna. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Continuance Use Intention (CUI) pada BNI Mobile Banking yaitu 69%, dikategorikan sebagai tingkat keberlanjutan menengah, dan faktor-faktor yang mempengaruhi continuance use intention, yaitu confirmation, perceived usefulness, satisfaction, dan perceived security. Variabel self-efficacy tidak berpengaruh terhadap continuance use intention, disebabkan nilai t-statistic yang dibawah ambang batas. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada perusahaan dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi dalam pengembangan aplikasi BNI Mobile Banking.
Kata Kunci: Analisis, Continuance Use Intention (CUI), Expextation Confirmation Model (ECM).
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SI481
|
Penerbit | Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xiii, 159 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
SI481
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Qurrotul Aini
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog