Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Etika Bisnis Dalam Perpektif Islam
Buku ini Membahas tentang etika bisnis dalam konteks peradaban Barat muncul belakangan ini setelah tekanan keras dari publik yang merasakan semakin beratnya tekanan dari lembaga korporasi yang menempatkan kepentingan publik di atas kepentingan bisnis. Tekanan ini tidak hanya dari korporasi lokal, tetapi juga internasional. Sebagaimana diketahui, kekuasaan entitas bisnis ini semakin merajalela baik dalam mengatur publik melalui mekanisme pasar dan invisible hand-nya maupun melalui tangan-tangan elite politik dan birokrat yang menjadi kolaborasinya dalam menjalankan bisnis. Etika dalam Islam merupakan buah dari keimanan, keislaman, dan ketakwaan yang didasarkan pada keyakinan yang kuat pada kebenaran Allah Swt. Islam merupakan sumber nilai dan etika dalam segala aspek kehidupan manusia secara menyeluruh, termasuk dalam wacana bisnis. Bisnis yang islami harus lahir dari dan atas nama Allah untuk kepentingan beribadah kepada Allah Swt. dengan niat akan mematuhi aturan Ilahi. Buku ini menyajikan berbagai teori etika yang bersifat konvensional. Buku ini juga menjelaskan berbagai aturan dan nilai yang diatur Islam melalui berbagai sumber wahyu dan implementasinya dalam kehidupan Rasulullah, sahabat, dan pengikut-pengikutny& sampai pada pemikiran yang dilontarkan pada era di mana umat dikuasai atau dihegemoni oleh pandangan hidup sekuler, kapitalistis, dan materialistis ini. Pembaca diharapkan dapat menyadari bahwa etika bisnis dalam Islam menempatkan pengertiar, bisnis sebagai usaha manusia untuk mencari keridaan Allah Swt. Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Definisi dan Pengertian Etika Bab 3 Teori Etika dan Pergeseran Paradigma Bab 4 Etika dalam Bisnis dan Ekonomi Kapitalisme Bab 5 Etika dan Agama Bab 6 Skandal Korporasi Bab 7 Prinsip Dasar Etika Islami Bab 8 Etika Pemerintahan Islami Bab 9 Etika Perusahaan Islami Bab 10 Etika Transaksi, Marketing, dan Iklan Bab 11 Yang Dilarang dalam Bisnis Islami Bab 12 Pengawasan Etika Bab 13 Penutup dan Agenda Masa Depan .
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X6.3 SOF e C.
|
Penerbit | selemba empat : Jakarta., 2011 |
Deskripsi Fisik |
x, 274 hlm, 1 jil,; 24 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-979-061-146-7
|
Klasifikasi |
2X6.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog