Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis preferensi konsumen dalam pembelian buah jeruk di Pasar Modern Mayestik Jakarta Selatan
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia bahkan terus mengalami pertumbungan penduduk setiap tahunnya. Indonesia kaya akan hasil pertaniannya, salah satu hasil pertanian yang berlimpah adalah buah-buahan. Pertambahan jumlah penduduk akan mempengaruhi peningkatan kebutuhan pangan masyarakat, terutama buah jeruk. Konsumen buah jeruk mempunyai pertimbangan saat membuat keputusan pembelian. Konsumen mempunyai preferensi tersendiri untuk mengetahui buah jeruk seperti apa yang mereka inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut buah jeruk yang menjadi preferensi konsumen dan mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian buah jeruk. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu di Pasar Modern Mayestik Jakarta Selatan. Penentuan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling, dengan jumlah responden 90 orang. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Chi Square dan Multiatribut Fishbein. Analisis Chi Square merupakan analisis untuk mencari preferensi konsumen dalam pembelian buah jeruk sedangkan analisis multiatribut Fishbein untuk mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian buah jeruk. Hasil dari Chi Square diketahui buah jeruk yang menjadi preferensi konsumen di Pasar Modern Mayestik Jakarta selatan adalah jenis buah jeruk manis dengan atribut yang menjadi pilihan diantaranya adalah berwarna orange, rasanya manis, berukuran sedang (6-7 buah/kg) dan beraroma harum. Hasil dari multiatribut Fishbein diketahui atribut buah jeruk yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian buah jeruk di Pasar Modern Mayestik Jakarta Selatan adalah atribut rasa. 21,16. Atribut yang keldua yaitu warna delngan nilai indelks sikap kolnsumeln (Aol) selbelsar 19,36. Atribut yang keltiga yaitu ukuran delngan nilai indelks sikap kolnsumeln (Aol) selbelsar 15,6 dan atribut yang kelelmpat yaitu atribut arolma delngan nilai indelks sikap kolnsumeln (Aol) selbelsar 11,22.
Kata kunci: Buah jeruk, Preferensi konsumen , Chi square, Multiatribut fishbein.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
AGR401
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xi, 79 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
AGR401
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Rizki Adi Puspita Sari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog