Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Evaluasi kualitas layanan pada aplikasi new pasar.id di pt. bringin inti teknologi, Jakarta pusat
Aplikasi New Pasar.id merupakan e-commerce yang masih dikembangkan di Indonesia dibawah PT. Bringin Inti Teknologi. Aplikasi ini merupakan ecommerce yang memiliki produk yang dijual di pasar tradisional. Aplikasi ini memasuki pasar Indonesia pada Agustus 2022 dan telah terdaftar 248 Pasar di seluruh Indonesia dan telah diunduh sebanyak 5330 pembeli dan 1.402 pedagang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis karakter pengguna, 2) Menganalisis kinerja kualitas layanan aplikasi New Pasar.id, 3) Menganalisis harapan pengguna, dan 4) Mengevaluasi rekomendasi perbaikan layanan aplikasi. Aplikasi New Pasar.id saat ini masih dalam tahap uji coba dan pengembangan sehingga masih banyak memiliki kekurangan. Penelitian Aplikasi New Pasar.id berdasarkan konsep servqual yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Penelitian ini memiliki lingkup atau batasan penelitian yang berfokus mengenai kualitas layanan aplikasi New Pasar.id Pembeli dan New Pasar.id Pedagang oleh pengguna aplikasi di wilayah Jakarta dan Tangerang. Responden penelitian ini adalah 146 pengguna aplikasi di Jakarta dan Tangerang yang dilakukan dalam periode waktu April sampai Juni 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Customer Satification Index (CSI) dan Metode Index Performance Analysis (IPA). Berdasarkan analisis CSI pada aplikasi New Pasar.id didapatkan hasil 82% dan pada aplikasi New Pasar.id Pedagang didapatkan hasil 81% yang menandakan bahwa pengguna merasa puas pada kinerja pelayanan aplikasi. Berdasarkan analisis IPA aplikasi New Pasar.id terdapat lima atribut yang menjadi prioritas utama yaitu memberi kepedulian berupa diskon serta voucher, menyediakan informasi secara ringkas dan lengkap, respon yang cepat pada mesin pencarian, pemberian layanan yang cepat dan tanggap dan tidak ditemukan kesalahan atau error sistem. Pada Aplikasi New Pasar.id Pedagang terdapat empat atribut yang menjadi prioritas utama yaitu kepedulian berupa diskon serta voucher, kemudahan akses dimanapun, mempermudah belanja dengan e-commerce dan respon aplikasi cepat. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah Aplikasi New Pasar.id sudah mencapai kepuasan pelanggan namun ada beberapa faktor yang masih harus diperbaiki mengingat aplikasi New Pasar.id masih dalam tahap pengembangan. Kata kunci: kualitas layanan;e-commerce;e-commerce;new pasar.id
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
398 AGR 2024
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
xiii, 72 Hlm; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
398
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Rizki Adi Puspita Sari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog