Image of Evaluasi kualitas layanan pada aplikasi new pasar.id di pt. bringin inti teknologi, Jakarta pusat

Text

Evaluasi kualitas layanan pada aplikasi new pasar.id di pt. bringin inti teknologi, Jakarta pusat



Aplikasi New Pasar.id merupakan e-commerce yang masih dikembangkan di Indonesia dibawah PT. Bringin Inti Teknologi. Aplikasi ini merupakan ecommerce yang memiliki produk yang dijual di pasar tradisional. Aplikasi ini memasuki pasar Indonesia pada Agustus 2022 dan telah terdaftar 248 Pasar di seluruh Indonesia dan telah diunduh sebanyak 5330 pembeli dan 1.402 pedagang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis karakter pengguna, 2) Menganalisis kinerja kualitas layanan aplikasi New Pasar.id, 3) Menganalisis harapan pengguna, dan 4) Mengevaluasi rekomendasi perbaikan layanan aplikasi. Aplikasi New Pasar.id saat ini masih dalam tahap uji coba dan pengembangan sehingga masih banyak memiliki kekurangan. Penelitian Aplikasi New Pasar.id berdasarkan konsep servqual yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Penelitian ini memiliki lingkup atau batasan penelitian yang berfokus mengenai kualitas layanan aplikasi New Pasar.id Pembeli dan New Pasar.id Pedagang oleh pengguna aplikasi di wilayah Jakarta dan Tangerang. Responden penelitian ini adalah 146 pengguna aplikasi di Jakarta dan Tangerang yang dilakukan dalam periode waktu April sampai Juni 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Customer Satification Index (CSI) dan Metode Index Performance Analysis (IPA). Berdasarkan analisis CSI pada aplikasi New Pasar.id didapatkan hasil 82% dan pada aplikasi New Pasar.id Pedagang didapatkan hasil 81% yang menandakan bahwa pengguna merasa puas pada kinerja pelayanan aplikasi. Berdasarkan analisis IPA aplikasi New Pasar.id terdapat lima atribut yang menjadi prioritas utama yaitu memberi kepedulian berupa diskon serta voucher, menyediakan informasi secara ringkas dan lengkap, respon yang cepat pada mesin pencarian, pemberian layanan yang cepat dan tanggap dan tidak ditemukan kesalahan atau error sistem. Pada Aplikasi New Pasar.id Pedagang terdapat empat atribut yang menjadi prioritas utama yaitu kepedulian berupa diskon serta voucher, kemudahan akses dimanapun, mempermudah belanja dengan e-commerce dan respon aplikasi cepat. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah Aplikasi New Pasar.id sudah mencapai kepuasan pelanggan namun ada beberapa faktor yang masih harus diperbaiki mengingat aplikasi New Pasar.id masih dalam tahap pengembangan. Kata kunci: kualitas layanan;e-commerce;e-commerce;new pasar.id


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 398 AGR 2024
398AGR
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
398 AGR 2024
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 72 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
398
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog