Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
UI/UX aplikasi sistem Bus Rapid Transit (BRT) menggunakan metode user-centered design dan think aloud evaluation
Jakarta, ibukota Indonesia, menghadapi tantangan kepadatan penduduk dan pertumbuhan kendaraan. Pemerintah merespons dengan Transjakarta, sistem Bus Rapid Transit (BRT), tetapi aplikasi Tije mendapat kritik negatif. Penelitian ini menggunakan User-Centered Design (UCD) untuk meningkatkan UI/UX Tije, fokus pada empati terhadap pengguna. Metode UCD dengan evaluasi Think Aloud dan System Usability Scale (SUS) berhasil meningkatkan UX dan UI Tije. Prototipe mendapat respons positif, skor SUS meningkat dari 37,4 menjadi 82,2 yang berarti skor SUS mengalami 119,89% peningkatan. Hasilnya membuktikan efektivitas UCD dalam meningkatkan kualitas aplikasi transportasi massal dan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna Tije. Penelitian ini menghasilkan solusi desain berupa prototipe yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pengguna, membuktikan efektivitas metode UCD dalam meningkatkan kualitas aplikasi transportasi massal. Sehingga diharapkan pengembangan desain dapat diimplementasikan agar dapat digunakan oleh pengguna dan meningkatkan tingkat kepuasan penggunaan aplikasi Tije.
Kata Kunci : User Interface, User Experience, User-Centered Design, Think-Aloud Evaluation, System Usability Scale, Bus Rapid Transit
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
357 TI 2024
|
Penerbit | Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 193 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
357
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Dewi Khairani
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog