Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Tingkat kepuasan konsumen stik sayuran di UMKM Mama Manda, Kabupaten Bogor
UMKM Mama Manda merupakan pelaku usaha di bidang makanan yang mengharuskan untuk mengoptimalkan kegiatan pelayanannya agar terciptanya kepuasan konsumen. Permasalahan yang terjadi pada UMKM Mama Manda adalah kepuasan konsumen, terdapat beberapa konsumen yang tertarik untuk melakukan pembelian kembali karena merasa puas tetapi ada juga konsumen tidak melakukan pembelian kembali karena merasa tidak puas. Maka dari itu perlu adanya evaluasi yang harus dilakukan UMKM Mama Manda yaitu untuk mengukur sejauh mana tingkat kepuasan yang diperoleh oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan UMKM Mama Manda; (2) Mengetahui kesesuaian harapan konsumen dengan kinerja pelayanan pada UMKM Mama Manda (3) Menganalisis atribut yang perlu ditingkatkan dalam perbaikan kepuasan konsumen pada UMKM Mama Manda. Penelitian ini menggunakan metode analisis IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengukur tingkat kepentingan dan kinerja, serta analisis Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kepuasan konsumen berdasarkan perhitungan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI), sebesar 74.41% yang berarti bahwa secara umum konsumen merasa puas terhadap kinerja yang diberikan.
Variabel Kualitas Produk (Product Quality) merupakan dimensi kepuasan konsumen yang menempati urutan pertama, artinya konsumen menganggap kualitas produk yang meliputi rasa, kerenyahan dan kesesuaian produk. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat kesesuaian antara nilai tingkat kinerja dengan nilai tingkat harapan sebesar 93,37%, yang berarti sudah baik kinerjanya dan harapannya juga dianggap penting oleh konsumen. Berdasarkan perhitungan IPA, dengan menggunakan diagram kartesius maka didapatkan rekomendasi perbaikan atribut yang menjadi prioritas utama (Kuadran I) terdiri dari atribut ketelitian permintaan pesanan, menanggapi evaluasi konsumen, kualitas dengan jaminan dan pilihan harga.
Kata Kunci: UMKM, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI).
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
489 AGR 2024
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
vi, 134 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
489
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Rizki Adi Puspita Sari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog