Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Pengaruh kepedulian lingkungan, pengetahuan merek Hijau, dan gaya hidup hijau terhadap minat pembelian Hijau produk ramah lingkungan kecipir.com
Adanya berbagai permasalahan lingkungan yang kian bertambah membuat konsumen semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Isu lingkungan ternyata ikut memengaruhi konsumen dalam memilih bahan pangan untuk seharihari. Permintaan konsumen terhadap produk organik dan ramah lingkungan mendorong pemasar untuk bisa menciptakan produk sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Bentuk pemasar dalam menjawab keinginan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen adalah menciptakan produk dengan konsep green marketing atau bisnis ramah lingkungan. Kecipir.com merupakan E-Commerce yang menyediakan bahan pangan ramah lingkungan baik dari segi produksi maupun pengemasannya. Kecipir.com melayani pemesanan area Jabodetabek. Namun, Kecipir.com perlu menghadapi berbagai masalah seperti hanya sebagian masyarakat Indonesia yang peduli terhadap lingkungan, isu-isu mengenai merek ramah lingkungan palsu (greenwashing) serta anggapan bahwa harga produk ramah lingkungan lebih mahal, dan gaya hidup ramah lingkungan masyarakat Indonesia yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh kepedulian lingkungan terhadap minat pembelian hijau produk ramah lingkungan Kecipir.com, (2) Menganalisis pengaruh pengetahuan merek hijau terhadap minat pembelian hijau produk ramah lingkungan Kecipir.com, dan (3) Menganalisis pengaruh gaya hidup hijau terhadap minat pembelian hijau produk ramah lingkungan Kecipir.com. Penelitian dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2023. Jenis data yang digunakan yaitu data primer (kuesioner) dan data sekunder. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling 100 sampel. Pengumpulan kuesioner menggunakan Skala Likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM-PLS yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel kepedulian lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat pembelian hijau produk ramah lingkungan Kecipir.com oleh pengikut instagram Kecipir.com di Jabodetabek, (2) Variabel pengetahuan merek hijau memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat pembelian hijau produk ramah lingkungan Kecipir.com oleh pengikut instagram Kecipir.com di Jabodetabek, dan (3) Variabel gaya hidup hijau memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat pembelian hijau produk ramah lingkungan Kecipir.com oleh pengikut instagram Kecipir.com di Jabodetabek.
KATA KUNCI : Kepedulian Lingkungan;Pengetahuan Merek Hijau;Gaya Hidup Hijau;Minat Pembelian Hijau
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
xi,100 Hlm;28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek |
-
|
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Rizki Adi Puspita Sari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog