Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis kepuasan konsumen terhadap atribut produk resto ayam Pakuan Bogor
Usaha kuliner yang berkembang dengan pesat menyebabkan persaingan bisnis yang ketat, sehingga perusahaan perlu memikat pelanggan untuk bertahan di era persaingan dan meningkatkan penjualan. Resto Ayam Pakuan merupakan salah satu restoran di Kabupaten Bogor yang memiliki banyak pesaing di sekitarnya. Berdasarkan hasil wawancara, Resto Ayam Pakuan belum mengetahui atribut produk apa saja yang lebih disukai konsumen. Selain itu, Resto Ayam Pakuan juga menerima beberapa keluhan seperti, ukuran ayam yang kecil, rasanya yang kurang rempah, hingga penilaian mengenai atmosphere atau suasana yang kurang baik. Penting bagi Resto Ayam Pakuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan kepuasan yang dirasakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk sehingga dapat meningkatkan daya saing di dunia bisnis yang kompetitif ini. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen Resto Ayam Pakuan, (2) menganalisis kesesuaian harapan dan kinerja yang dirasakan konsumen terhadap kualitas produk, fitur produk, serta gaya dan desain produk Resto Ayam Pakuan, (3) menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk, fitur produk, serta gaya dan desain produk Resto Ayam Pakuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober - November 2023 di Resto Ayam Pakuan Bogor. Alat analisis yang digunakan yaitu, alat analisis deskriptif, importance performance analysis (IPA), dan customer satisfaction index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah perempuan dengan rentang usia 18-27 tahun yang merupakan pegawai/karyawan swasta dengan pendapatan rata-rata per bulan Rp3.500.001-5.000.000 dan berdomisili di Kota/Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil analisis importance performance analysis (IPA), atribut yang perlu menjadi prioritas perbaikan adalah porsi makanan dan minuman agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen, waktu tunggu penghantaran produk, dan tampilan dalam penyajian produk pada konsumen. Hasil customer satisfaction index (CSI) menunjukkan tingkat kepuasan konsumen Resto Ayam Pakuan terhadap kualitas produk mencapai 72,5%, fitur produk mencapai 72,25%, dan dari segi gaya dan desain produk mencapai 71,08%.
KATA KUNCI : kepuasan konsumen;restoran;atribut produk
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
xii, 84 Hlm; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek |
-
|
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Rizki Adi Puspita Sari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog