Image of Analisis pengaruh promosi cashback dan diskon toko terhadap penjualan produk pangan halal di tokopedia

Text

Analisis pengaruh promosi cashback dan diskon toko terhadap penjualan produk pangan halal di tokopedia



Pergeseran trend pembelian suatu produk yang didukung dengan kemajuan teknologi membuka peluang akan keberadaan suatu industri pasar Online di Indonesia. Mayoritas masyarakat indonesia yang memeluk agama Islam mendorong semakin meningkatnya kebutuhan akan pangan halal. Penjualan pangan halal menjadi semakin berkembang dan salah satunya tempat penjualannya di Ecommerce Tokopedia. Tokopedia pun aktif melakukan inovasi salah satunya keberadaan Tokopedia Salam yang menjawab kebutuhan tersebut. Tokopedia juga aktif melakukan promosi/pemasaran dimana menurut Tjiptono (2001; 219) menyatakan bahwa promosi merupakan suatu bentuk dari komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah suatu aktivitas pemasaran yang mencakup penyebaran informasi, kegiatan mempengaruhi serta membujuk pasar agar membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Akan tetapi adakalanya kegiatan promosi yang diantaranya Cashback dan diskon toko tidak mempengaruhi penjualan dari produk. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh promosi Cashback dan diskon toko terhadap penjualan produk halal di E-commerce Tokopedia secara simultan, (2) terdapat atau tidak terdapat pengaruh promosi Cashback dan diskon toko terhadap penjualan produk halal di E-commerce Tokopedia secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data menggunakan data primer yang diperoleh dari website resmi Tokopedia berupa data besaran penjualan, pemberian Cashback, dan diskon toko dengan kategori produk pangan halal, serta literatur. Metode pengambilan data dilakukan sesuai dengan prosedur dengan jangka waktu 32 hari terhitung dari tanggal 08 September – 09 Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan bantuan e-views 12 sebagai alat pengolahan data untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu Promosi Casbback (X1) dan Diskon Toko (X2) terhadap variabel dependen yaitu penjualan produk pangan halal (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel promosi Cashback berpengaruh secara bersama-sama (simultan) dan secara terpisah (parsial) terhadap penjualan produk pangan halal di Tokopedia. (2) Variabel Diskon Toko (berpengaruh secara bersama-sama (simultan) dan tidak berpengaruh secara terpisah (parsial) terhadap penjualan produk pangan halal di Tokopedia.
KATA KUNCI : Pangan Halal;Cashback;Diskon Toko;Penjualan


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
AGR492
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv,84 Hlm;28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog