Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Perbandingan analisis kualitas pengalaman pengguna Fintech lending berbasis mobile menggunakan user Experience questionnaire (ueq)
Pengalaman pengguna menjadi faktor penting dalam keberhasilan aplikasi mobile, terutama dalam industri fintech lending yang kompetitif. Pengalaman pengguna yang positif dapat menjadi faktor pembeda yang signifikan dalam menarik dan mempertahankan pengguna. Persaingan yang ketat diantara Perusahaan penyelenggara aplikasi fintech lending menciptakan kebutuhan untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna agar aplikasi dapat tetap bersaing dalam industri fintech lending. Kredit Pintar dan Easycash merupakan dua contoh aplikasi fintech lending terpopuler dengan jumlah pengguna dan jumlah ulasan terbanyak pada play store. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengalaman pengguna aplikasi Easycash dan Kredit Pintar untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan aplikasi sebagai bahan evaluasi dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas aplikasi dan membandingkan pengalaman pengguna kedua aplikasi yang hasilnya diharap dapat membantu pengguna dalam memilih aplikasi fintech lending dengan kualitas pengalaman terbaik, teraman, dan terpecaya untuk digunakan saat membutuhkan dana. Pengalaman pengguna dianalisis dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). UEQ memiliki 6 variabel skala pengukuran yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, novelty. Populasi penelitian adalah pengguna aplikasi Easycash dan Kredit Pintar. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi Kredit Pintar dan Easycash mendapatkan nilai positif pada seluruh variabel dengan variabel perspicuity mendapatkan nilai tertinggi dan variabel novelty mendpatkan nilai terendah. Hasil dari perbandingan nilai pengalaman pengguna aplikasi Kredit Pintar dan Easycash pada setiap variabel tidak memiliki perbedaan kualitas pengalaman pengguna yang signifikan, namun aplikasi Easycash lebih unggul dibandingkan Kredit Pintar. Pengguna lebih menyukai menggunakan aplikasi Easycash dibandingkan Kredit Pintar. Rekomendasi yang diberikan kepada pihak Perusahaan penyelenggara aplikasi fintech lending yaitu butuh dilakukannya perbaikan dan peningkatan aplikasi berkaitan dengan variabel yang paling rendah yaitu variabel novelty dan variabel dependability yang memiliki satu indikitor bernilai netral.
KATA KUNCI : Fintech lending;pengalaman pengguna;UEQ data analysis tool.;UEQ
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2024 |
Deskripsi Fisik |
xix,83 Hlm;28 Cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek |
-
|
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Qurrotul aini
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog