Image of Perancangan user experience pemesanan dan pelayanan perawatan pasien di klinik gigi menggunakan metode human centered design

Text

Perancangan user experience pemesanan dan pelayanan perawatan pasien di klinik gigi menggunakan metode human centered design



Klinik Mahoni Dental adalah klinik gigi yang berkomitmen meningkatkan layanan melalui teknologi. Kemajuan teknologi yang pesat mendorong permintaan akan akses cepat dan mudah terhadap data dan informasi, termasuk dalam hal pelayanan klinik gigi. Dalam hal ini, pemanfaatan teknologi dengan membuat produk seperti website khusus untuk klinik gigi bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan efisiensi dan memudahkan akses informasi bagi para pasien. Penelitian ini berfokus pada analisis user experience untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna yang dapat menghasilkan rekomendasi desain user interface dengan hasil akhir berupa pengembangan front-end pada website yang bernama Halo Mahoni. Metode Perancangan yang digunakan penulis adalah metode Human Centered Design yang melalui 4 tahapan, yaitu: spesifikasi konteks penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, pembuatan desain solusi, dan evaluasi desain. Pada tahap evaluasi desain penulis menggunakan metode Single Ease Question (SEQ) dan System Usability Scale (SUS). Pada hasil evaluasi SEQ penelitian ini mendapatkan nilai usability skor rata-rata sebesar 6,875 dengan keseluruhan nilai 7 (sangat mudah) sebesar 87,5% dan nilai 6 (mudah) sebesar 12,5%. Sedangkan hasil evaluasi SUS penelitian ini mendapatkan skor nilai rata-rata usability sebesar 82 yang berada pada status excellent dengan grade A masuk dalam kategori Acceptable. Dengan demikian, website Halo Mahoni yang dirancang menggunakan metode Human Centered Design dan dievaluasi menggunakan metode Single Ease Question (SEQ) dan System Usability Scale (SUS) mendapatkan penilaian yang positif dari pengguna dan berhasil memenuhi kebutuhan pengguna, serta sebagian besar pengguna menerima dan dapat menggunakan website tersebut dengan baik.
KATA KUNCI: user experience;human centered design;front end, single ease question;system usability scale


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) Belum memasukkan lokasi
TI4072024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvii, 216 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog