Image of Pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada ayam bakar kambal Jakarta Selatan

Text

Pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada ayam bakar kambal Jakarta Selatan



Perkembangan usaha kuliner di Indonesia semakin pesat. Hal ini menyebabkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap pangan semakin meningkat pula. Semakin tingginya daya beli masyarakat membuat para pelaku usaha di tuntut untuk berinovasi mengikuti kebutuhan yang di inginkan. Daging ayam menjadi salah satu bahan dasar yang diminati pelaku usaha kuliner.
Ayam Bakar Kambal merupakan salah satu usaha kuliner yang terletak Jakarta Selatan. Ayam Bakar Kambal berdiri sejak tahun 2000 hingga saat ini sebagai usaha kuliner berbasis daging ayam yang telah memiliki 7 cabang yang telah tersebar cabangnya di Provinsi DKI Jakarta. Meskipun jumlah pelanggan Ayam Bakar Kambal mengalami peningkatan, perusahaan ini menghadapi tantangan dalam mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan. Berdasarkan observasi awal, ditemukan indikasi penurunan kepuasan pelanggan yang mengakibatkan ketidakstabilan penjualan yang tidak mencapai target di setiap bulannya. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan pelanggan, seperti harga yang dianggap terlalu tinggi, tingkat kematangan yang kurang merata, terdapat kesalahan dalam penyajian, dan karyawan yang kurang ramah. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan penelitian mengenai harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Ayam Bakar Kambal Jakarta Selatan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, 2) Menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dan 3) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di Ayam Bakar Kambal yang berlokasi di Jakarta Selatan dengan waktu penelitian bulan Desember 2024 – Januari 2025. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat penelitian PLS (Partial Least Squares) dan alat bantu penelitian Smart PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar -0,014. Sedangkan kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang dibuktikan dengan nilai koefisien jalur positif sebesar 0,202 dan 0,499.
Kata kunci : Harga; Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) AGR 666 2025
666 AGR
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR 666 2025
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 92 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
666
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog