Detail Cantuman
Pencarian Spesifik
Text
Pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada ayam bakar kambal Jakarta Selatan
Perkembangan usaha kuliner di Indonesia semakin pesat. Hal ini menyebabkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap pangan semakin meningkat pula. Semakin tingginya daya beli masyarakat membuat para pelaku usaha di tuntut untuk berinovasi mengikuti kebutuhan yang di inginkan. Daging ayam menjadi salah satu bahan dasar yang diminati pelaku usaha kuliner.
Ayam Bakar Kambal merupakan salah satu usaha kuliner yang terletak Jakarta Selatan. Ayam Bakar Kambal berdiri sejak tahun 2000 hingga saat ini sebagai usaha kuliner berbasis daging ayam yang telah memiliki 7 cabang yang telah tersebar cabangnya di Provinsi DKI Jakarta. Meskipun jumlah pelanggan Ayam Bakar Kambal mengalami peningkatan, perusahaan ini menghadapi tantangan dalam mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan. Berdasarkan observasi awal, ditemukan indikasi penurunan kepuasan pelanggan yang mengakibatkan ketidakstabilan penjualan yang tidak mencapai target di setiap bulannya. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan pelanggan, seperti harga yang dianggap terlalu tinggi, tingkat kematangan yang kurang merata, terdapat kesalahan dalam penyajian, dan karyawan yang kurang ramah. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan penelitian mengenai harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Ayam Bakar Kambal Jakarta Selatan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, 2) Menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dan 3) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di Ayam Bakar Kambal yang berlokasi di Jakarta Selatan dengan waktu penelitian bulan Desember 2024 – Januari 2025. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat penelitian PLS (Partial Least Squares) dan alat bantu penelitian Smart PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar -0,014. Sedangkan kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang dibuktikan dengan nilai koefisien jalur positif sebesar 0,202 dan 0,499.
Kata kunci : Harga; Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
AGR 666 2025
|
Penerbit | Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat., 2025 |
Deskripsi Fisik |
xiii, 92 hlm; 28 cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
666
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Rizki Adi Puspita Sari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog