Image of Pengembangan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Menggunakan Metode Design Thinking

Text

Pengembangan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Menggunakan Metode Design Thinking



SMP Negeri 264 Jakarta adalah Sekolah Menengah Pertama yang memiliki website resmi tetapi tidak lagi digunakan sejak 2019. Hal ini yang menjadi tujuan penelitian untuk merancang dan membangun website baru yang lebih fungsional dan memenuhi kebutuhan user. Pendekatan penelitian menggunakan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Website baru dikembangkan menjadi sistem nyata menggunakan teknologi HTML, CSS, JavaScript, dan Bootstrap, dengan fokus pada desain yang responsif. Pengujian pertama melibatkan 34 reponden yang diminta mengisi kuesioner dengan metode System Usability Scale (SUS). Skor System Usability Scale (SUS) menunjukkan peningkatan, dari skor 57 pada website lama, yang tergolong rata-rata (OK) tetapi masih perlu perbaikan, dan skor 73 pada website baru, yang masuk dalam kategori baik (GOOD) dimana website dapat diandalkan dan dapat digunakan dengan baik. Pengujian kedua melibatkan 8 responden yang diminta menyelesaikan 10 tugas menggunakan metode Single Ease Question (SEQ) melalui platform Useberry. Hasil pengujian menunjukkan skor rata-rata 6,28 yang mengindikasikan bahwa tugas-tugas pada website baru dianggap cukup mudah diselesaikan. Penelitian ini mendapat kesimpulan website baru SMP Negeri 264 Jakarta berhasil meningkatkan kualitas tampilan dan pengalaman pengguna secara signifikan.
Kata Kunci : System Usability Scale, Design Thinking, Single Ease Quetion, Useberry, Website.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) TI 469 2025
469 2025
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TI 469 2025
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xi, 59 Hlm; 28 Cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
469
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog