No image available for this title

Text

Pemodelan topik terkait pemerintahan di indonesia menggunakan metode online latent dirichlet allocation



Pemerintahan di Indonesia banyak menuai pendapat pro dan kontra dalam pembahasannya mengenai kebijakan-kebijakan yang akan dibuat maupun yang telah dibuat karena indonesia menggunakan sistem demokrasi dalam sistem pemerintahannya. Di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang mengutarakan pendapatnya mengenai pemerintahan melalui sosial media, salah satunya adalah twitter. Twitter adalah salah satu sosial media yang memungkinkan para penggunanya untuk mennyampaikan pendapatnya melalui tulisan (teks), gambar, dan video. Twitter juga merupakan sosial media yang memungkinkan para peneliti untuk melakukan penelitian karena mudahnya akses untuk mengambil data dengan menggunakan API key twitter. Penelitian ini ingin melihat topik apa saja yang dibicarakan masyarakat mengenai pemerintahan di Indonesia pada sosial media twitter antara tanggal 16 Agustus 2021 sampai 3 September 2021 secara streaming. Online Latent Dirichlet Allocation (OLDA) digunakan sebagai metode penelitian ini untuk menentukan topik yang dibicarakan melalui representasi kata-kata dengan besar korpus sebanyak 135.554 dokumen dan 10.010 kata unik. Hasil dari topik pembicaraan terkait pemerintahan di Indonesia menggunakan OLDA adalah Program Pencegahan Covid-19, Program Bantuan, dan Program Pengembangan Vaksin Dalam Negeri.
Penelitian ini juga membandingkan metode Latent Dirichlet Allocation (LDA) dan Online Latent Dirichlet Allocation (OLDA) dari segi performa dan hasil. Hasilnya adalah OLDA memiliki performa yang lebih baik dengan running time yang lebih cepat dan coherence score yang lebih tinggi, walaupun LDA lebih unggul untuk nilai perplexity dibanding dengan OLDA dengan selesih yang sangat kecil. Kata-kata yang dihasilkan oleh OLDA juga lebih bisa diinterpretasikan dan dibedakan antara topik satu dengan yang lainnya dibandingkan dengan LDA yang menghasilkan banyak kata-kata yang sama antara topik satu dengan yang lain sehingga sulit untuk dibedakan.
Kata kunci: twitter, pemerintah, latent dirichlet allocation, online latent dirichlet allocation, nilai koheren, perplexity.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 171 MAT 2022
MAT171
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
171 MAT 2022
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 31 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
171
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog