No image available for this title

Text

Analisis kelayakan usaha pt sayuran siap saji di Kabupaten Bogor



Komoditas hortikultura menjadi salah satu sektor penting bagi perekonomian Indonesia. Hal ini karena manfaat yang dirasakan banyak oleh berbagai pihak. Sayuran merupakan salah satu tanaman hortikultura yang memiliki potensi di Indonesia khususnya daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Komoditas hortikultura ini dinilai dapat bertahan dalam kondisi yang tidak stabil sekalipun. Hal ini menjadi salah satu peluang bagi perusahaan yang bergerak dibidang produksi makanan dan minuman maupun produksi sayuran, salah satunya yaitu PT. Sayuran Siap Saji. Selama PT. Sayuran Siap Saji beroperasi tentu mengeluarkan berbagai macam biaya dan memperhatikan berbagai aspek untuk menjalankan usahanya selama 10 tahun. Dengan demikian perlu adanya analisis terkait kelayakan usaha yang dilakukan oleh PT. Sayuran Siap Saji ditinjau dari aspek finansial dan aspek non finansial.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan non finansial selama 10 tahun usaha, menganalisis nilai investasi dan kas bersih selama 10 tahun usaha, menganalisis kelayakan finansial selama 10 tahun usaha, menganalisis tingkat kepekaan nilai pengganti (switching value). Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kelayakan finansial, analisis kelayakan non finansial, dan analisis switching value. Penelitian ini menggunakan data time series perusahaan dari tahun 2011-2021 dengan menggunakan tingkat inflasi Indonesia tahun 2011-2021 dengan rata-rata tingkat inflasi sebesar 4%.
Analisis non finansial PT. Sayuran Siap Saji selama 10 tahun meliputi aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen dan organisasi, aspek ekonomi dan sosial, dan aspek dampak lingkungan hidup menghasilkan hasil analisis yang layak karena memenuhi kritetria kelayakan usaha berdasarkan batasan pada penelitian ini. Analisis kelayakan finansial dengan perhitungan NPV sebesar Rp. 511.927.317, hasil tersebut menunjukan nilai NPV>1. Perhitungan B/C Rasio sebesar 1,87, hasil ini menunjukan B/C Rasio >1. Perhitungan IRR sebesar 4,97%, hasil ini menunjukan IRR>DR (4%). Perhitungan BEP Unit sebesar 16.363 kg dan perhitungan BEP harga sebesar Rp. 18.522. Perhitunan Payback periode sebesar 3,83 dengan pengembalian selama 3 tahun 9 bulan 28 hari. Perhitungan ROI sebesar 18%, hasil tersebut menyatakan bahwa investasi efektif. Analisis switching value dengan penurunan harga jual sebesar 0.65% menghasilkan hasil yang tidak layak untuk dijalankan, selain itu peningkatan biaya variabel sebesar 0,8% menghasilkan hasil yang tidak layak untuk dijalankan.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 229 AGR 2022
AGR229
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
229 AGR 2022
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xv, 117 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
229
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog