No image available for this title

Text

Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi volume ekspor pala Indonesia ke Belanda



Sektor Indonesia yang memiliki peranan dalam menyumbang devisa negara adalah sektor pertanian. Salah satu sub sektor pertanian terdapat sub sektor perkebunan yang memiliki komoditas potensial ekspor yaitu Pala. Pala merupakan tanaman rempah asli Indonesia yang dijuluki King of Spices karena merupakan taman rempah – rempah tertua dan terpenting dalam sejarah perdagangan Indonesia. Indonesia sampai saat ini masih menjadi negara produsen dan pengekspor pala terbesar di dunia dan salah satu negara tujuan utama ekspor pala yaitu Belanda. Namun dalam kegiatan ekspor pala Ke Belanda, volume ekspor dan nilai ekspor tersebut mengalami trend yang berfluktuatif terutama terjadi penurunan pada tahun 2016 yang disebabkan oleh penurunan produksi pala di Indonesia. Mengingat bahwa Belanda adalah pengimpor pala Indonesia terbesar di Uni Eropa, penurunan volume ekspor tersebut memicu untuk diadakan penelitian mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi volume ekspor pala Indonesia ke Belanda.Kata Kunci : ekspor, produksi pala Indonesia ke Belanda, harga ekspor, nilai tukar, volume ekspor, regresi linier berganda, pala
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi volume ekspor pala Indonesia ke Belanda periode 2010 – 2020. 2) Menganalisis pengaruh faktor – faktor tersebut terhadap volume ekspor pala di Indonesia ke Belanda periode 2010 – 2020.
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder berjenis kuantitatif ini diperoleh dari BPS, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementrian Pertanian, Bank Indonesia, World Bank, dan Un Comtrade mengenai volume ekspor pala Indonesia ke Belanda periode 2010-2020, data produksi pala Indonesia, data harga ekspor, data nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat dan data volume ekspor pala Indonesia ke Belanda. Metode analisis menggunakan Regresi Linier Berganda dengan data time series. Alat analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah Microsoft Excel 2019 dan SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang mempengaruhi volume ekspor pala Indonesia ke Belanda yaitu produksi pala Indonesia berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap volume ekspor pala Indonesia ke Belanda, Harga ekspor pala Indonesia berpengaruh secara positif dan signifkan terhadap volume ekspor pala Indonesia ke Belanda, sedangkan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap volume eskpor pala Indonesia ke Belanda.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 236 AGR 2022
AGR236
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
236 AGR 2022
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xv, 73 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
236
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog