No image available for this title

Text

Analisis Kelayakan Usaha Pengolahan Keripik Singkong di Cv. Sitela Riyank Sejahtera, Kabupaten Bogor



Kondisi Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap perkembangan sektor industri pengolahan makanan yang berbahan baku komoditas pertanian salah satunya ialah ubi kayu atau biasa disebut dengan singkong. Singkong merupakan salah satu produk pangan yang mampu diolah ke berbagai jenis olahan pangan yang berpotensi untuk dikembangkan seperti keripik singkong. CV. Sitela Riyank Sejahtera merupakan salah satu industri skala rumah tangga yang bergerak di bidang usaha pengolahan keripik singkong di Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor yang telah berdiri sejak 2019. Seiring dengan adanya peristiwa Pandemi Covid-19 membuat perusahaan mengalami kenaikan penjualan yang dikarenakan adanya peningkatan reseller keripik singkong sitela. Namun hal tersebut tidak berangsur lama, perusahaan mengalami penurunan di beberapa bulan terakhir 2020 yang menyebabkan perusahaan menganggap bahwa kegiatan produksi yang dijalankan mengalami kerugian. CV. Sitela Riyank Sejahtera belum pernah melakukan evaluasi terhadap biaya produksi dan pendapatan yang diterima oleh perushaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan analisis kelayakan usaha untuk mengetahui apakah kegiatan usaha produksi keripik singkong yang dilakukan CV. Sitela Riyank Sejahtera menguntungkan dan layak untuk dijalankan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis biaya dan keuntungan yang diperoleh dari usaha pengolahan keripik singkong di CV. Sitela Riyank Sejahtera, (2) menganalisis kelayakan usaha pengolahan keripik singkong yang dilakukan di CV. Sitela Riyank Sejahtera berdasarkan aspek non-finansial dan (3) Menganalisis kelayakan usaha pengolahan keripik singkong yang dilakukan di CV. Sitela Riyank Sejahtera berdasarkan aspek finansial. Penelitian ini dilakukan di CV. Sitela Riyank Sejahtera, Kabupaten Bogor sejak bulan Oktober hingga Desember 2021. Jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sumber data menggunakan data primer yang diperoleh dengan pengamatan langsung dan wawancara dengan pihak perusahaan dan data sekunder yang diperoleh dari data mengenai perusahan serta sumber literatur lainnya. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran perusahaan dan analisis kelayakan non finansial, analisis kelayakan finansial meliputi analisis biaya usaha, cashflow, Net Present Value (NPV), Net B/C Ratio, Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PP)
vi
yang selanjutnya diolah dengan menggunakan program Microsoft Excel tahun 2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) analisis biaya usaha yang dikeluarkan oleh CV. Sitela Riyank Sejahtera pada periode masa awal Pandemi Covid-19 memiliki nominal yang lebih besar yaitu Rp. 263.332.304 dengan keuntungan sebesar Rp. 93.228.400 sedangkan pada periode sebelum Pandemi Covid-19, total biaya usaha yang dikeluarkan sebesar sebesar Rp. 157.951.783 dan dihasilkan keuntungan usaha yaitu sebesar Rp. 18.159.077; (2) berdasarkan aspek non finansial, CV. Sitela Riyank Sejahtera dapat dikatakan layak berdasarkan aspek pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen SDM, hukum, sosial dan ekonomi serta lingkungan. Keenam aspek tersebut mampu dipenuhi oleh perusahaan selama menjalankan kegiatan produksi; dan (3) berdasarkan aspek finansial yang dihasilkan bahwa CV. Sitela Riyank Sejahtera menghasilkan nilai tidak layak pada periode sebelum masa Pandemi Covid-19 dengan nilai kelayakan yaitu nilai BEP produk 30.174 dan BEP Harga Rp. 6.447, NPV sebesar - Rp 21.953.864, Net B/C Ratio 0,50, IRR -13,08% dan PP 1 tahun 7 Bulan. Sedangkan pada masa awal Pandemi Covid-19 menghasilkan nilai yang menguntungkan dan layak yang ditunjukkan dengan nilai BEP produk 39.306 dan BEP Harga Rp. 6.804, NPV sebesar Rp 45.528.559, Net B/C Ratio 2,13 IRR 31,97% dan PP 4 bulan 8 hari.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 301 AGR 2023
AGR301
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
301 AGR 2023
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xv, 144 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
301
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog