No image available for this title

Text

Strategi pemasaran daring (online) selada keriting hijau hidroponik pada UMKM Riyan Farm Serang, Banten



Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal kunci dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap pemasaan daring selada keriting hijau hidroponik UMKM Riyan Farm guna menganalisis posisi perusahaan sehingga dapat merumuskan alternatif strategi dan menentukan prioritas strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan untuk mencapai penjualan optimal dan memaksimalkan keuntungan. Analisis Lingkungan Internal meliputi STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan Bauran Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence); Eksternal meliputi Lingkungan Makro (Demografi, Ekonomi, Sosial-Budaya, Teknologi, Lingkungan Alam; Politik dan Hukum) dan Mikro (Penyedia, Pesaing, Pelanggan/Mayarakat, Perantara Pemasaran). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan alat analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSP.
Hasil analisis Matriks IFE menunjukkan bahwa teridentifikasinya 7 faktor kekuatan kunci dan 4 faktor kelemahan kunci perusahaan dengan total skor tertimbang sebesar 2.90 yang mengindikasikan bahwa perusahaan memiliki kondisi internal yang baik. Hasil analisis Matriks EFE menunjukkan bahwa teridentifikasinya 7 faktor peluang kunci dan 3 faktor kelemahan kunci perusahaan dengan total skor tertimbang sebesar 3.37 yang mengindikasikan bahwa respon perusahaan terhadap kondisi eksternal sangat baik. Hasil total skor tertimbang pada Matriks IFE dan EFE yang diposisikan pada Matriks IE terletak pada Sel II (Posisi Tumbuh dan Berkembang) dengan strategi yang sesuai yaitu strategi intensif atau strategi integrasi. Faktor internal dan eksternal kunci dicocokkan dalam Matriks SWOT sehingga menghasilkan 4 alternatif strategi yang dapat diterapkan perusahaan dalam membantu efisiensi pemasaran daring selada keriting hijau hidroponik, yaitu: Strategi S-O (Strengths-Opportunities) dengan menjalin kerjasama pemasaran dengan perusahaan sejenis; Strategi W-O (Weakness-Opportunities) dengan optimalisasi pemanfaatan media sosial (social commerce) dalam upaya pengenalan identitas produk guna memperluas pangsa pasar; Strategi S-T (Strengths-Threats) dengan merekrut karyawan yang kompeten dibidang pemasaran digital; serta Strategi W-T (Weakness-Threats) melalui menjalin kemitraan dengan perantara pemasaran daring Jabodetabek. Hasil Matriks QSP menunjukkan bahwa prioritas strategi yang dapat diimplementasikan UMKM Riyan Farm untuk efisiensi pemasaran daring selada keriting hijau hidroponik berdasarkan hasil Matriks QSP yaitu: menjalin kerjasama pemasaran dengan perusahaan sejenis dengan STAS 6.321, optimalisasi pemanfaatan media sosial (social commerce) dalam upaya pengenalan identitas produk guna memperluas pangsa pasar dengan STAS 6.193, merekrut karyawan yang kompeten dibidang
pemasaran digital dengan STAS 5.760; dan menjalin kemitraan dengan perantara pemasaran daring jabodetabek dengan STAS 5.521.
Kata Kunci: Selada Keriting Hijau Hidroponik, Strategi Pemasaran Daring (Online), SWOT, QSPM, UMKM Riyan Farm


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 259 AGR 2022
259 AGR 2022
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
259 AGR 2022
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 155 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
259
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog