Image of Analisis pendapatan usaha ternak penggemukan sapi potong 
(studi kasus : Mako Lebak Talas Farm Kelurahan Pondok Cabe Ilir , Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten)

Text

Analisis pendapatan usaha ternak penggemukan sapi potong (studi kasus : Mako Lebak Talas Farm Kelurahan Pondok Cabe Ilir , Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten)



Mako Lebak Talas Farm merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang peternakan sapi potong. Perusahaan ini dapat menghasilkan rata-rata setiap tahun sapi potong sebanyak 215 ekor. Luas kandang yang dimiliki oleh perusahaan adalah 1.300 m2, dengan luas kandang berisi beberapa jenis sapi, yaitu: Madura, Limosin, PO, Simental, dan Sapi Pegon. Pemasukan ini diperoleh hanya dari kegiatan usaha penggemukkan sapi potong. Dengan demikian maka penting untuk menganalisis pendapatan dalam usaha penggemukan sapi potong di Mako Lebak Talas Farm sehingga dapat diketahui besarnya pendapatan dari penggemukan usaha ternak sapi potong dan sebagai bahan evaluasi, mengetahui besarnya biaya-biaya produksi, penerimaan, serta pendapatan yang merupakan faktor penting dalam mengukur kelayakan suatu usaha penggemukan sapi potong.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pendapatan usaha ternak penggemukan sapi potong, menganalisis biaya usaha ternak penggemukan, dan menganalisis kelayakan usaha penggemukan Sapi potong di Mako Lebak Talas Farm dengan menggunakan B/C Ratio, Break Even Point (BEP), dan Payback Period (PP).
Berdasarkan analisis sruktur biaya untuk penggemukan sapi, biaya tetap yang dikeluarkan Mako Lebak Talas Farm pada tahun 2021 sebesar Rp43.501.999, dan biaya variabel sebesar Rp2.996.155.300. Biaya variabel lebih besar dibanding biaya tetap untuk usaha penggemukan sapi potong di Lebak Talas Farm. Pendapatan usaha Penggemukan sapi potong di Mako Lebak Talas Farm pada tahun 2021 sebesar Rp931.342.701 per tahun. Hasil perhitungan analisis kelayakan : Nilai B/C ratio pada keseluruhan jenis sapi di Lebak Talas Farm sebesar 0,31. Hasil nilai B/C ratio yang diperoleh pada keempat jenis sapi potong telah mencapai angka lebih dari nol, sehingga dapat dikatakan usaha tersebut menguntungkan atau memberikan manfaat. Payback Period (PP) usaha ternak penggemukan sapi potong Mako Lebak Talas Farm yaitu sebesar 0,59 yang artinya Mako Lebak Talas Farm mengalami pengembalian modal dalam waktu 7 bulan. Hasil perhitungan BEP harga sapi di Lebak Talas Farm yaitu kisaran harga Rp10.000.000 – Rp16.000.000 dan BEP produksi keseluruhan jenis sapi potong yaitu 165 ekor sapi per tahun agar Mako Lebak Talas Farm tidak mengalami kerugian. Harga jual sapi berkisar Rp. 14.500.000 – 21.500.000 dan jumlah penjualannya sebanyak 215 ekor.
Kata Kunci: Analisis biaya, Penggemukan Sapi Potong, Pendapatan


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) AGR 395 2024
AGR395
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR395
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv, 67 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
AGR395
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog