Image of Optimasi model proses melalui integrasi multi-perspektif process mining (studi kasus: proses pengajuan pinjaman keuangan)

Text

Optimasi model proses melalui integrasi multi-perspektif process mining (studi kasus: proses pengajuan pinjaman keuangan)



Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi model proses pengajuan pinjaman keuangan dengan pendekatan proses penambangan multi-perspektif melalui plug-in Multi-perspective Process Explorer pada ProM. Multi-perspektif adalah pendekatan untuk menganalisis proses yang menggabungkan berbagai sudut pandang di dalam process mining, seperti control-flow, sumber daya, data, dan waktu. Pendekatan ini memiliki kelebihan dalam mengidentifikasi interaksi dan ketergantungan berbagai aspek proses, yang tercermin dalam guard yang memuat aturan atau kondisi yang memengaruhi jalannya proses. Hasil optimasi model Petri net ke dalam data Petri net menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada nilai precision sebesar 8,6% dan F1-score sebesar 4,4%, meskipun terdapat penurunan nilai fitness hingga 0,9%. Penelitian ini juga mengevaluasi performa guard dalam menggambarkan perspektif lain dalam proses, dengan hasil menunjukkan bahwa guard mampu menggambarkan perspektif data dan sumber daya dengan baik, dengan nilai rata-rata F1-score mencapai 84% pada keempat model yang diuji.
Kata kunci : multi-perspektif;guard;process mining;optimasi model


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) TI 322 2024
TI 322
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TI 322 2024
Penerbit Prodi TI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xii, 94 Hlm; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
322
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog